Thursday, October 22, 2015
0
Mencari Font Tanpa Mengetahui nama / jenisnya - Dari judulnya saja tentu pembaca sudah mengetahui apa maksud postingan saya ini.
Dalam dunia desain grafis ada satu masalah klasik yang sering dialami khusunya para desainer grafis yang masih baru. yaitu susahnya mengahafal nama / jenis font yang hingga sekarang ini jumlahnya sudah mencapai ratusan ribu. 
Jangankan menghafal semua nama jenis font tersebut. untuk menghafal beberapa jenis font yang biasa dipakai saja kadang kita masih lupa. lebih parahnya lagi apabila dalam proses pembuatan desain ada beberapa teks yang menggunakan font - font yang jenisnya apalagi namanya sama sekali belum penah kita lihat, hanya gambarnya saja.

Maka jalan satu-satunya adalah menggambar satu persatu font - font tersebut. resikonya adalah, waktu kita akan terbuang sia-sia, sesuatu yang harusnya sudah selesai dalam beberapa detik akan berlangsung beberapa menit hingga berjam-jam.

Disaat ribuan desainer grafis hanya pasrah mengalami kesulitan tersebut, bagaimana caranya????
Manjo ke TKP

Langkah Pertama
Tentukan font atau kalimat yang akan di cari nama jenisnya, entah itu dari sebuah gambar berwarna atau mungkin juga dari sebuah gambar stempel. Font yang paling mudah dicari adalah yang font yang mempunyai warna hitam dengan dasar putih atau sebaliknya. Tapi jika beruntung font yang berwarna - warni dan penuh dengan background full color pun masih bisa di cari nama jenisnya. Cara menentukannya mudah silahkan Crop saja bagian font tersebut bisa diambil lima atau enam huruf saja pada bagian yang terang dan terlihat. (untuk soal croping dll tidak saya bahas karena terlalu panjang, dan designer grafis pasti udah tahu dan punya metode sendiri2)
see the picture (Bahasa Motoling),.
*ingat ya, ambil sebagian saja. contoh diatas saya hanya ambil tulisan the quick saja. setelah itu simpan yang bagian "the quick" tersebut menjadi format jpeg. ingat ya cuma bagian " the quick nya saja"

Langkah Kedua
Buka website http://www.myfonts.com/WhatTheFont/ (jadi harus online bos)

Setelah link terbuka upload gambar the quick yang sudah di Crop tadi, lalu klik "continue"
Akan keluar halaman seperti ini. lihat baik2 kotak berisi huruf dibawah gambar-gambar font yang terpisah pisah tersebut. 
Sesuaikan antara gambar font tersebut dengan kotak di bawahnya. kalau sudah benar semua. klik "Continue"
Setelah klik "continue" maka akan tiba di halaman terakhir.
Yaitu halaman penentuan nama  jenis font tersebut. Biasanya ada beberapa opsi nama yang harus di pilih. Tinggal tergantung dari kita untuk mencari jenis font yang sesuai.
Terlihat di atas ada 2 opsi nama yang harus di pilih. tetapi melihatnya sebentar kita akan tahu kalau font tersebut bernama "Benguiat Book".

Setelah mengetahui nama font tersebut langkah terakir adalah mencari font tersebut di database komputer kita. 
 
Jika kita belum punya font tersebut. Maka bisa di download lewat internet. 
Tapi jangan dari website myfont.com karena di link tersebut tidak ada free download font nya. Harus beli. Jadi bisa lewat gratisan, searching lewat google atau kalau mau kreative sedikit:... beli saja DVD Font bajakan di toko2 sofware bajakan. harga sekitar 40.000 rupiah. dan beres.....huahahahaha...
 
Semoga bermanfaat buat para desain grafis... 
 

Sumber : Klik Disini

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung